Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Virtual Reality pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP

Yosfiah, Muhammad Al Fath (2021) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Virtual Reality pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_AL_FATH_YOSFIAH_16067093_5465_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Teknologi Pemesinan sulit dipahami karena mahasiswa belum pernah mengoperasikan mesin bubut selama masa pandemi Covid – 19. Pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan pada mahasiswa angkatan 2020 Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development dan menggunakan jenis pengembangan Plomp. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP Pada Semester Juli–Desember 2021. Subjek penelitian ini adalah 60 orang Mahasiswa Angkatan Masuk 2020 Jurusan Teknik Mesin FTUNP. Hasil validasi ahli media terhadap penggunaan aplikasi Virtual Reality pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan menunjukan nilai pencapaian sebesar 95,29% yang menunjukan sangat valid. Hasil validasi ahli materi terhadap penggunaan aplikasi Virtual Reality menunjukan nilai pencapaian sebesar 83,5% yang menunjukan sudah valid. Hasil praktikalitas salah satu dosen terhadap penggunaan aplikasi Virtual Reality pada mata kuliah Teknologi Pemesinan diperoleh 80% nilai pencapaian yang menunjukan bahwa aplikasi Virtual Reality sudah praktis. Hasil riset Perancangan aplikasi Virtual Reality pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP dari 60 responden, menunjukan nilai pencapaian sebesar 84,93% dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan Virtual Reality dalam proses pembelajaran khususnya mata kuliah Teknologi Pemesinan sudah Efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:52
Last Modified: 11 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41559

Actions (login required)

View Item View Item