Evaluasi Dimensi Jalur Evakuasi Tsunami Bagi Masyarakat Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang Berbasis Geographic Information System (GIS)

Yusup, Iqbal Maulana (2021) Evaluasi Dimensi Jalur Evakuasi Tsunami Bagi Masyarakat Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang Berbasis Geographic Information System (GIS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_IQBAL_MAULANA_YUSUP_17323005_4917_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelurahan Air Tawar Barat berada di Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah Barat sehingga beresiko akan terjadinya bencana tsunami. Jalur evakuasi saat ini yang menjadi salah satu upaya dalam mengatasi bencana tsunami rupanya masih kurang efektif untuk digunakan karena jarak yang harus ditempuh 3-5 km dalam waktu kurang dari 30 menit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan arahan jalur evakuasi yang efektif dan kemudian dilakukan perbandingan dengan jalur evakuasi yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Metode yang digunakan ialah Network Analyst. Hasil penelitian ini diperoleh 3 Alternatif agar evakuasi menjadi lebih efektif. Alternatif membuat akses jalan di sekitar Jalan Gajah untuk menuju P-TES di kawasan UNP. Alternatif 2 membuat P-TES di lahan parkir Puskesmas Air Tawar agar masyarakat sekitar muara sungai dapat melakukan evakuasi dengan lebih cepat karena lebih dekat. Alternatif 3 masyarakat di sekitar Polsek Padang Utara dapat melakukan evakuasi dengan menuju P-TES di Jalan Polonia, Kelurahan Air Tawar Timur agar tetap menjauhi pantai. Ketiga alternatif tersebut menjadikan waktu evakuasi menjadi 10 menit dengan menuju 26 P-TES. Selain itu, peta evakuasi hasil analisis lebih efektif karena jalurnya memiliki rute yang lebih memungkinkan untuk ditempuh oleh masyarakat dibandingkan dengan peta evakuasi pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
CorrectorAdreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:43
Last Modified: 10 Jan 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41546

Actions (login required)

View Item View Item