Analisis Tingkat Ground Vibration pada Kegiatan Peledakan Overburden di Pit Timur PT Kuansing Inti Makmur Jobsite Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Juita, Intan (2021) Analisis Tingkat Ground Vibration pada Kegiatan Peledakan Overburden di Pit Timur PT Kuansing Inti Makmur Jobsite Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_INTAN_JUITA_17137009_4969_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT Kuansing Inti Makmur adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang industri pertambangan batubara yang menggunakan metode peledakan. Getaran tanah merupakan salah satu dampak negatif peledakan terhadap lingkungan maupun bangunan sekitar jika melampaui standar yang telah ditetapkan. Pada lokasi panambangan ini berdekatan dengan Desa Tanjung Belit yang saat ini jarak terdekat berada 500 meter dari permungkiman sesuai arah kemajuan tambang. Nilai ambang batas getaran tanah adalah 0,9 mm/s berdasarkan standar PT Kuansing Inti Makmur. Data pengukuran getaran tanah di analisis menggunakan teori scaled distance untuk mendapatkan pengaruh isian bahan peledak dan jarak terhadap PPV dimana dibagi menjadi dua berdasarkan arah row (Row B – T dan Row S – U) agar mendapatkan hasil yang lebih referesentatif. Pada arah row B – T menggunakan persamaan regresi power, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan . Sedangkan untuk arah row S – U menggunakan perhitungan rata-rata menggunakan microsoft excel maka di peroleh persamaan . Metode keamanan vibrasi menggunakan delay lebih panjang di tengah segment. Berdasarkan teori scaled distance di peroleh prediksi isian bahan peledak untuk mencapai standar vibrasi yang ditetapkan yaitu untuk row B – T 21,7 kg ANFO pada jarak 1000 meter dan row S – U 30,7 kg ANFO pada jarak 1000 meter. Dengan penggunaan metode peledakan dengan delay lebih panjang ditengah segement lebih efektif untuk mengurangi akumulasi getaran dan memprediksi getaran dengan hasil kualitas material yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
CorrectorOctova, AdreeUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:42
Last Modified: 10 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41542

Actions (login required)

View Item View Item