Pemodelan 3D Pasir Besi Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Ulakan Tapakis Padang Pariaman Sumatera Barat

Febriandika, Helio Gina (2021) Pemodelan 3D Pasir Besi Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Ulakan Tapakis Padang Pariaman Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_HELIO_GINA_FEBRIANDIKA_17137036_5113_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan pasir besi akhir-akhir ini memiliki peran yang sangat penting. Permintaan dari berbagai pihak meningkat cukup tajam. Salah satu kawasan yang memiliki potensi pasir besi di pantai barat Sumatera Barat adalah kawasan Pantai Ulakan, Padang Pariaman. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian sebelumnya di pantai-pantai lain di sekitar Pantai Ulakan. Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, terdapat pasir besi di kawasan Pantai Ulakan dan Sanur dengan luas lahan 2000 m2. Namun kegiatan penelitian di daerah Ulakan belum dilakukan untuk mengetahui potensi pasir besi di daerah itu sendiri. Oleh karena itu, untuk mengetahui deskripsi dan keberadaan pasir besi perlu dilakukan penelitian yang lebih luas melalui kegiatan eksplorasi geofisika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik dengan mengukur resistivitas sedimen di wilayah pesisir. Maka dari interpretasi nilai resistivitas tersebut diperoleh litologi dan sebaran pasir besi. qBerdasarkan hasil penelitian, Ulakan Tapakis memiliki 3 komponen utama endapan aluvial tergantung nilai resistivitas bahan penyusunnya yang berbeda yaitu lapisan pasir atas (upper sand), pasir tengah (middle sand) , dan lapisan pasir besi (iron sand) yang terbagi menjadi 2 lapisan, yaitu lapisan pasir dasar dan lapisan pasir besi yang memiliki nilai resistivitas berkisar antara 9,53 -14135 Ωm. Keberadaan pasir besi berada pada kedalaman 0-6 meter di bawah permukaan laut, dengan kisaran resistivitas 9,53-1000 Ωm. Mineral besi (Fe) yang diperkirakan ada di lokasi penelitian menurut nilai resistivitas Telford.et.al.,(1990) adalah magnetit dan hematit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOctova, AdreeUNSPECIFIED
CorrectorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:39
Last Modified: 10 Jan 2023 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41530

Actions (login required)

View Item View Item