Hubungan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang

Putra, Farid Permata (2021) Hubungan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FARID_PERMATA_PUTRA_17067107_5169_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan hubungan minat membaca terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang. Pada Saat Observasi praktek lapangan kependidikan terlihat kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam membaca buku, minimnya siswa yang berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan, sarana dan pra sarana penunjang di sekolah sudah memadai. Dengan asumsi semakin positif minat membaca semakin tinggi hasil belajar siswa dan juga sebaliknya semakin negatif minat membaca akan semakin rendah hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional, serta teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 69 siswa. Teknik analisis data menggunakan sofware SPSS versi 26. Analisa dalam perhitungan data diperoleh koofesien r sebesar = 0,689 terlihat rhitung > rtabel atau 0,689 > 0,235. Artinya ada hubungan dua variabel yang berbentuk positif pada hubungan minat membaca terhadap hasil belajar. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara minat membaca dengan hasil belajar siswa di SMK N 1 Padang dengan korelasi variabel bebas dan variabel terikat yaitu 0,474. Dapat dilihat kontribusi variabel minat membaca (X) dan hasil belajar (Y) adalah 47,47% dan sisanya 52,53% disebabkan dari pengaruh lain yang bukan menjadi fokus dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorJasman, JasmanUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:11
Last Modified: 09 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41489

Actions (login required)

View Item View Item