Pengelolaan Arsip Inaktif Sebagai Upaya Temu Kembali Informasi di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Barat

Rewanda, Viona Putri (2022) Pengelolaan Arsip Inaktif Sebagai Upaya Temu Kembali Informasi di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_viona_putri_rewanda_19026112_5084_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah (1) untuk mendiskripsikan pengelolaan arsip inaktif; (2) kendala temu kembali arsip inaktif (3) dan upaya yang dilakukan dalam melaksanakan pengelolaan arsip dan temu kembali arsip inaktif di Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Barat. Metode penulisan makalah tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) pengelolaan arsip inaktif menggunakan sistem penyimpanan tanggal/kronologi yang memiliki prosedur penyimpanan yang cukup baik dengan memeriksa lembar arsip inaktif yang telah siap untuk disimpan, membuat daftar arsip untuk membantu proses temu kembali arsip, membuat softcopy arsip inaktif yang di simpan ke dalam flashdisk dan komputer, mengelompokkan arsip asli ke dalam ordner sesuai dengan klasifikasi yang digunakan. Sarana dan prasarana yang digunakan untuk pengelolaan arsip inaktif seperti stapler, printer, ordner, flashdisk, pelubang kertas, dan lemari arsip; (2) kendala yang terjadi dalam temu kembali arsip inaktif seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM), ruang penyimpanan arsip yang tidak sebanding dengan arsip inaktif yang ada, tidak melakukan penyusutan arsip; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu terpenuhinya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam bidang kearsipan, memiliki ruang penyimpanan arsip dengan cara membuat record center untuk membantu pemeliharaan arsip, melakukan penyusutan arsip agar arsip tidak bertumpuk di ruang kerja dan ruang rapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustianaUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:05
Last Modified: 09 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41478

Actions (login required)

View Item View Item