Nabila, Rifa
(2022)
Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono di
Kelas VII-5 SMP Negeri 22 Pekanbaru.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
seni budaya pada materi Bernyanyi Secara Unisono. Jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru seni budaya di kelas VII-5. Teknik pengumpulan data
melalui studi pustaka: Buku Perpustakaan, jurnal dan sumberlainnya.
Keduaobservasi berupa pengamatan peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian.
ketiga wawancara guru seni budaya yang mengajar. Keempat dokumentasi yaitu
foto pelaksanaan pembelajaran, dan data-data yang diperlukan di sekolah.
Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data primer dan sekunder
kemudian disusun secara sistematis terakhir ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran bernyanyi secara unisono
di kelas VII-5 SMP Negeri 22 Pekanbaru tidak semua yang dilaksanakan sesuai
dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun oleh guru. Dalam pelasanaan
pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran yaitu papan tulis dan buku
pelajaran Seni Budaya Kelas VII-5. Strategi pembelajaran yang digunakan guru
yaitu Discovery Learning (Kemampuan peserta didik dalam mencari sehingga
dapat menemukan sendiri). Namun banyak diantara peserta didik belum mampu
bernyanyi secara unisono sesuai dengan teknik-teknik yang ditetapkan.
Dikarenakan minimnya penguasaan lagu yang dimiliki peserta didik.
Menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaranbernyanyi secara unisono kurang
maksimal. Penyebabnya adalah kurangnya penguasaan guru terhadap rencana
pelaksanaanpembelajaran(RPP). Penyebab lainnya adalah kurangnya pemahaman
guru terhadap pembelajaran bernyanyi secara unisono sehingga siswa kurang
terbimbing dalam melaksanakan praktik bernyanyi secara unisono di kelas VII-5.
Actions (login required)
|
View Item |