emanfaatan Aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Pengadilan Agama Padang

Fitria, Rahmi (2022) emanfaatan Aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Pengadilan Agama Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Rahmi_Fitria_19026086_5668_2022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang pemanfaatan aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Pengadilan Agama Padang. Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemanfaatan aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam pengelolaan surat masuk di Pengadilan Agama Padang; (2) pemanfaatan aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam pengelolaan surat keluar di Pengadilan Agama Padang. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode penulisan deskriptif dimana pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan arsiparis dan bagian kepegawaian, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan pada makalah tugas akhir ini sebagai berikut. Pertama, pemanfaatan aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam pengelolaan surat masuk di Pengadilan Agama Padang meliputi: (1) penerimaan surat melalui pos, whatsapp document, dan e-mail Pengadilan Agama Padang, (2) pencatatan manual pada buku agenda, penginputan dan penyimpanan surat masuk secara elektronik pada aplikasi sISuTaN, dan (3) pendistribusian dan disposisi surat secara konvensional. Kedua, pemanfaatan aplikasi sISuTaN (Sistem Informasi Persuratan dan Tata Naskah) dalam pengelolaan surat keluar di Pengadilan Agama Padang belum diterapkan karena belum tersedianya fitur penginputan surat keluar untuk penyimpanan secara elektronik. Pengeloaan surat keluar di Pengadilan Agama Padang meliputi: (1) pembuatan konsep dan pengetikan surat, (2) pemeriksaan surat, (3) penandatanganan surat, (4) pencatatan pada buku agenda dan penyimpanan surat secara konvensional, dan (5) pengiriman surat keluar melalui melalui pos, whatsapp document, dan e-mail Pengadilan Agama Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorPangesti, Nesa RiskaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:40
Last Modified: 06 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41457

Actions (login required)

View Item View Item