Analisis Penggunaan Kata Yabai dalam Kanal Youtube Nihongo Mantappu oleh Jerome Polin

Zhafran, Raihan (2022) Analisis Penggunaan Kata Yabai dalam Kanal Youtube Nihongo Mantappu oleh Jerome Polin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RAIHAN_ZHAFRAN_18180068_5490_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata yabai merupakan salah satu wakamono kotoba yang sering digunakan oleh anak muda di Jepang. Kata yabai awalnya memiliki konotasi negatif, namun seiring berkembangnya zaman kata yabai juga digunakan oleh anak muda di Jepang dan memiliki konotasi positif. Youtube merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memberikan fasilitas visual dan audio kepada pengguna. Para pengguna youtube atau youtuber sering membagikan video mereka di youtube, contoh salah satunya yaitu kanal youtube nihongo mantappu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna penggunaan kata yabai yang terdapat dalam video kanal youtube nihongo mantappu dengan menggunakan teori konteks SPEAKING. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 20 tuturan yang menggunakan kata yabai. Dari 20 tuturan ini 16 diantaranya memiliki makna yang berbeda tergantung dari konteksnya yaitu, yaitu makna “sangat banyak” sebanyak 6 data, makna “sangat enak” sebanyak 4 data, sedangkan 10 data lainnya memiliki makna yaitu, “keterkejutan”, rasa “kagum”, “terkesan”, “menertawakan”, “mengejek”, “ket idakmungkinan”, “ket idaknyamanan”, “berantakan”, “sangat bagus”, dan “sangat bersih”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Meira AnggiaUNSPECIFIED
CorrectorYani, DamaiUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, Rahmi OktayoryUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:39
Last Modified: 06 Jan 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41454

Actions (login required)

View Item View Item