Analisis Sektor Basis dan Sektor Non Basis terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2016-2020

Ardila, Nini (2022) Analisis Sektor Basis dan Sektor Non Basis terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional di Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2016-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Nini_Ardila_17053147_444_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi regional tiap daerah miliki karakteristik berbeda, dapat dilihat dari aktivitas ekonomi. Salah satunya Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah PDRB perkapita terendah di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengindentifikasi sektor basis dan sektor non basis dari tahun 2016-2020 di Kabupaten Pesisir Selatan. Data yang digunakan data sekunder dari BPS kabupaten Pesisir Selatan dan Provinsi Sumatera Barat. Untuk teknik alat analisis data menggunakan tiga alat yaitu Location Quotient, Analisis gabungan LQ dan DLQ serta shift share sedangkan untuk pengelolahan datanya menggunakan microsoft excel. Berdasarkan hasil analisis LQ ada empat sektor basis yaitu 1) pertanian, kehutanan dan perkebunan, 2) kontruksi, 3) informasi dan komunikasi, 4) adminitrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, untuk hasil analisis gabungan LQ dan DLQ ada satu sektor basis prospektif yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perkebunan sedangkan hasil analisis shift share nilai positif ada lima sektor yaitu 1) kontruksi, 2) perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, 3) penyediaan akomodasi dan makan minum, 4) jasa perusahaan dan 5) jasa lainnya. Terakhir untuk hasil LQ dan Shift Share penentuan sektor unggul di Kabupaten Pesisir Selatan ialah sektor kontruksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarwan, MarwanUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
CorrectorFriyatmi, FriyatmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:18
Last Modified: 05 Jan 2023 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41448

Actions (login required)

View Item View Item