Sabila, Nurul Ahda
(2022)
Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks
Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis
Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri
1 Nan Sabaris.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X
SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis
teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Ketiga,
mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil
observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X
SMA Negeri 1 Nan Sabaris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 5 SMA
Negeri 1 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah
180 siswa yang tersebar di lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45
orang. Sampel penelitian diambil sebesar 25% menggunakan teknik propotional
random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif
keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan tes unjuk
kerja keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada pada kualifikasi lebih dari cukup
dengan rata-rata hitung 72,35. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil
observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada kualifikasi lebih dari
cukup dengan rata-rata hitung 75,80. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan
antara keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dengan
keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1
Nan Sabaris dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H
0
ditolak
dan H
1
diterima karena t
hitung
(32,35) lebih besar daripada t
tabel
(1,68). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks
laporan hasil observasi berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks
laporan hasil observasi.
Actions (login required)
|
View Item |