Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris

Sabila, Nurul Ahda (2022) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURUL_AHDA_SABILA_18016084_5430_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 5 SMA Negeri 1 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 180 siswa yang tersebar di lima kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 25% menggunakan teknik propotional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 72,35. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris berada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 75,80. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Nan Sabaris dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H 0 ditolak dan H 1 diterima karena t hitung (32,35) lebih besar daripada t tabel (1,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, Mohd.UNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:55
Last Modified: 05 Jan 2023 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41440

Actions (login required)

View Item View Item