Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Direktif Guru Laki-laki dan Perempuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi

Nisak, Nurun (2022) Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Direktif Guru Laki-laki dan Perempuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURUN_NISAK_18016085_5398_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan lima hal berikut. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru laki-laki dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi Kedua, mendeskripsikan mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 BukittinggiJenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Keitga, mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan guru laki-laki dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukitinggi. Keempat, mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan guru perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukitinggi. Kelima, mendeskripsikan perbedaan bertutur guru laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah tindak tutur direktif guru laki-laki dan perempuan mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik SBLC, rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi, yaitu tindak tutur direktif menyuruh, tindak tutur direktif memohon, tindak tutur direktif menyarankan, tindak tutur direktif menuntut, dan tindak tutur direktif mantang. Tindak tutur direktif yang paling dominan ditemukan pada guru laki-laki adalah tindak tutur direktif menyuruh dan yang paling sedikit adalah tindak tutur memohon dan menuntut. Tindak tutur yang paling dominan ditemukan pada guru perempuan adalah tindak tutur menyuruh dan yang paling sedikit adalah tindak tutur direktif memohon. Kedua, strategi bertutur yang digunakan oleh guru laki-laki dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Bukittinggi, yaitu strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan kesantunan postif, bertutur terus terang dengan kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Strategi bertutur yang paling dominan digunakan oleh guru laki-laki adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dan yang paling sedikit adalah strategi bertutur samarsamar. Strategi bertutur yang paling dominan digunakan oleh perempuan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dan strategi bertutur yang paling sedikit digunakan adalah strategi bertutur terang dengan kesantunan negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:44
Last Modified: 05 Jan 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41439

Actions (login required)

View Item View Item