Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Masa Hamil, Masa Melahirkan dan Masa Kanak-Kanak Pada Masyarakat Jawa Transmigrasi di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Safitri, Melia (2022) Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Masa Hamil, Masa Melahirkan dan Masa Kanak-Kanak Pada Masyarakat Jawa Transmigrasi di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Melia_Safitri_18017110_6510_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ungkapan larangan pada masyarakat Jawa merupakan salah satu bagian dari folklor. Penutur ungkapan kepercayaan rakyat pada zaman sekarang semakin berkurang, karena zaman sekarang ini merupakan zaman modern sehingga banyak orang yang tidak percaya atau tidak tahu lagi mengenai ungkapan-ungkapan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang masa hamil, masa melahirkan dan masa kanak- kanak pada masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, (2) fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang masa hamil, masa melahirkan dan masa kanak-kanak pada masyarakat Jawa Transmigrasi di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Entri penelitian ini adalah kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang masa hamil, masa melahirkan dan masa kanak-kanak pada masyarakat Jawa Transmigrasi. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap pengamatan, wawancara, perekaman dan mencatat seluruh data yang didapatkan. Teknik penganalisisan data sebagai berikut: (1) mentranskripsikan, (2) menerjemahkan, (3) mengklasifikasikan, (4) membahas dan menyimpulkan hasil analisis, dan (5) melaporkan hasil analisis. Hasil penelitian ini ditemukan struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang masa hamil, masa melahirkan dan masa kanak-kanak pada masyarakat Jawa Transmigrasi di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya ada dua jenis, yakni struktur dua bagian dan struktur tiga bagian. Fungsi sosialnya berupa: 1) penebal emosi keagamaan atau kepercayaan, 2) sistem proyeksi khayalan, 3) alat pendidikan, 4) melarang, 5) menyuruh atau mengingatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
CorrectorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:15
Last Modified: 05 Jan 2023 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41425

Actions (login required)

View Item View Item