Pembuatan Papan Fun Word Sebagai Permainan Edukasi dalam Meningkatkan Literasi Anak

Fadla, Miftahul (2022) Pembuatan Papan Fun Word Sebagai Permainan Edukasi dalam Meningkatkan Literasi Anak. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MIFTAHUL_FADLA_19026065_5865_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis yang proses pembelajarannya sudah harus terjadi sejak usia dini yaitu usia 4-6 tahun. Pada usia yang tergolong kedalam usia anak ini, anak-anak membutuhkan kegiatan menyenangkan untuk membantu proses belajar mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru dalam menghadirkan proses belajar membaca dan menulis yang menyenangkan bagi anak adalah dengan menggunakan permainan edukasi. Alat Permainan Edukasi (APE) adalah permainan yang dapat memberikan fungsi permainan secara optimal dalam perkembangan anak (Widayati, 2021) Salah satu permainan edukasi untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan literasi adalah permainan Papan Fun Word.. Papan Fun Word merupakan permainan edukasi literasi yang dirancang khusus sebagai permainan edukasi baru yang segar dan menyenangkan bagi anak. Permaian papan Fun Word memasukkan konsep-konsep literasi seperti belajar mengenal angka, huruf, warna, gambar, belajar membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan serta menjelaskan apa itu papan Fun Word, proses pembuatannya serta manfaat dari papan Fun Word. Adapun metode penulisan makalah tugas akhir ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah tentang bagaimana papan Fun Word dapat digunakan sebagai permainan edukasi literasi bagi anak usia 4-6 tahun. Bentuk aplikatif dari fungsi papan Fun Word menunjukkan bahwa anak-anak memiliki antusias yang tinggi terhadap permainan baru. Dan setelah diuji coba, penggunaan papan Fun Word efektif diaplikasikan sebagai permainan edukasi literasi bagi anak usia 4-6 tahun karena memasukkan konsep belajar mengenal huruf, angka, warna, gambar, serta belajar membaca dan menulis sekaligus. Meskipun demikian, dalam pengaplikasian permainan ini, anak-anak harus didampingi oleh orang dan guru agar dapat mengoreksi kesalahan yang dibuat oleh anak Dengan 6 konsep literasi tersebut, anak-anak tidak merasa keberatan untuk belajar karena proses belajar dilakukan sambil bermain menggunakan papan Fun Word.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:13
Last Modified: 04 Jan 2023 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41420

Actions (login required)

View Item View Item