Analisis Kestabilan Terowongan Pada Tunnel # 11 Kereta Cepat Jakarta – Bandung dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Ustianto, Aprig (2021) Analisis Kestabilan Terowongan Pada Tunnel # 11 Kereta Cepat Jakarta – Bandung dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_APRIG_USTIANTO_17137079_5111_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terowongan 11 Memiliki panjang total 1,1 km. Bentuk penampang terowongan 11 tapal kuda dengan lebar 15 meter dan tinggi 13 meter. Dari analisis klasifikasi rock mass rating (RMR), rekomendasi penggalian pada terowongan 11 dengan metoda full face. Sedangkan penggalian aktual di lapangan dengan metoda top Heading and benching. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan rancangan kestabilan terowongan dengan menggunakan metode elemen hingga (finite element). Analisis kestabilan terowongan dengan menggunakan metoda penggalian full face berdasarkan nilai RMR, kestabilan terowongan dengan metoda penggalian top heading and bench dan penyangga yang optimal berdasarkan simulasi yang dilakukan. Analisis kestabilan terowongan ditinjau dari nilai strength factor dan displacement pada terowongan. Berdasarkan analisis dengan metoda penggalian full face, pada dinding kiri tanpa penyangga didapatkan nilai strength factor paling rendah yaitu 6,3 dan nilai displacement paling besar yaitu 1,69 cm. Dengan penggalian dengan metoda top heading and benching pada dinding kiri lower tanpa penyangga didapatkan nilai strength factor paling kecil yaitu 5,2 dan nilai displacement paling besar yaitu 1,7 cm. Nilai strength factor dengan metoda penggalian full face dengan top heading and benching nilai ambang batas faktor keamanan sesuai dengan KEPMEN 1827K/MEM/30/2018 dan nilai ambang deformasi sesuai dengan japan society civil engineers (JSCE). Berdasarkan simulasi permodelan kestabilan terowongan dari segi ekonoomis dan analisis kestabilannya, maka penyanggaan yang optimal pada terowongan 11 yaitu shotcrete K-175 #10 mm dengan penggalian top heading and benching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZakri, Rizto SaliaUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:10
Last Modified: 05 Jan 2023 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41419

Actions (login required)

View Item View Item