Sukandar, Aris
(2022)
Visual Identity Pondok Jus Kampung Bendang VII
Koto Sungai Sarik Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Usaha UMKM Pondok Jus yang bergerak dibidang makanan produk roti bakar
sandwich dan jus buah berlokasi di Simpang Kampung Bendang Vii Koto Sungai Sarik,
dengan konsumen rata-rata anak-anak dan masyarakat. Usaha ini sudah mengalami
perkembangan terhadap omset penjualan kedai Pondok Jus. Namun tata kelola dalam
berbisnis belum memahami bagaimana memanfaatkan media mempromosikan usahanya.
Untuk itu dikembangkanlah media promosi berupa Visual Identity dalam hal ini berupa
logo sebagai identitas media informasi, komunikasi, efektif agar dapat dikenali
masyarakat terhadap target audiennya. Tujuan perancangan visual identity ini adalah
menghasilkan sebuah logo yang dapat menjawab tantangan dan peluang promosi pada
unit usahanya. Disamping itu nantinya dapat meningkatkan hasil penjualan dari produk
Sandwich. Metode perancangan yang digunakan adalah glass box dimana melalui
tahap-tahap: Persiapan, Inkubasi, Luminasi, dan Verifikasi. Sehingga tampilan logo
yang dirancang bisa mencapai brand loyalty nya kemudian lebih rasional dan
sistematis sesuai dengan nilai-nilai estetik serta unsur-unsur simple, mudah
keterbacaannya, dan dapat dipahami oleh target audien. Pendekatan analisis yang
digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Treat, Opportunity) untuk
menggali dan mendapatkan isu dari masalah yang ditemukan dan mencari langkahlangkah
dan menjawab permasalahannya disamping solusi penyelesaiannya.
Perancangan ini menghasilkan media utama berupa manual book visual identity berupa
logo yang representative dan dilengkapi dengan media pendukung berupa poster,
xbanner, piring keramik, paper bag, dan gantungan kunci
Actions (login required)
|
View Item |