Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Flipbook Maker dengan Materi Seni Lukis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bungo

Anjani, Cindy Fitria (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Flipbook Maker dengan Materi Seni Lukis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Cindy_Fitria_Anjani_18020028_6103_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku digital berbasis flipbook maker yang valid dan praktis. Penelitian ini melibatkan lima orang validator ahli dengan rincian dua orang validator materi, satu orang validator bahasa, satu orang sebagai validator kegrafikan dan validator media serta satu orang validator penyajian. Subjek uji coba terdiri dari 10 orang siswa pada uji coba skala kecil dan 30 orang siswa pada uji coba skala besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D), model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, S. Semmel, dan Melvyn L Semmel (1974:5) yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Berdasarkan hasil penelitian pengolahan data yang diperoleh dari lembar validasi yang diberikan kepada validator yaitu dengan rata-rata 91,86% yang dinyatakan sangat valid. Dan hasil uji praktikalitas yang diberikan kepada siswa pada uji coba skala kecil dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata 93%, dan uji coba skala besar dengan rata-rata 86,71% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa buku digital berbasis flipbook maker dengan materi seni lukis telah valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Bungo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKamal, M. NasrulUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:19
Last Modified: 29 Dec 2022 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41390

Actions (login required)

View Item View Item