Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Kota Payakumbuh

Cahyani, Audrey F (2022) Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AUDREY_F_CAHYANI_19026017_5610_2022.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam menyusunan makalah ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana layanan perpustakaan keliling, apa saja sarana dan prasarana dan bagaimana minat dan ketertarikan siswa sekolah dasar terhadap layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh. Jenis penulisan makalah tugas akhir ini adalah penulisan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan melakukan pengamatan ke perpustakaan. Data diperoleh melalui pengamatan langsung atau observasi dan wawancara tentang bagaimana layanan perpustakaan keliling dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Payakumbuh dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di Kota Payakumbuh Berdasarkan hasil penulisan yang dilakukan dapat diketahui bahwa (1) layanan perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh berkerjasama dengan Dinas Pendidikan, jadwal dan penentuan pos setiap harinya ditentukan oleh pihak perpustakaan keliling lalu dikirimkan ke Dinas Pendidikan, setelah itu Dinas Pendidikan yang memberitahu ke sekolahsekolah jadwal kunjungan perpustakaan keliling. Waktu berkunjung ke satu sekolah biasanya dari hari Senin sampai Jum’at dengan durasi 40 menit biasanya dilakukan pada jam istirahat pertama sekolah, pemustakanya ditentukan oleh sekolah yang dikunjungi; (2) sarana dan prasarana yang digunakan untuk layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh yaitu 1 unit kendaraan roda empat berupa mobil yang didapatkan dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2010, dengan anggaran biaya operasional setiap bulannya ±Rp. 2.520.000,00. kendala yang dihadapi pustakawan disaat melakukan kunjungan layanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca siswa siswi adalah mengenai kurangnya jumlah tenaga perpustakaan, keterbatasan durasi kunjungan, serta perpustakaan keliling hanya mempunyai 1 unit kendaraan; (3) siswa siswi sangat tertarik dengan adanya layanan perpustakaan keliling ini, layanan ini juga dapat meningkatkan minat baca siswa siswi dengan kegiatan khusus yang diadakan oleh pihak perpustakaan keliling yaitu seperti memberikan reward atau hadiah kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorAdek, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:19
Last Modified: 29 Dec 2022 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41389

Actions (login required)

View Item View Item