Asesmen Keterampilan Motorik dan Tingkat Emosional Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 di TK Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.

Fadhillah, Desi Rini (2022) Asesmen Keterampilan Motorik dan Tingkat Emosional Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 di TK Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DESI_RINI_FADHILLAH_18089128_4680_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa usia dini merupakan masa keemasan (golden age) dimana stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik anak dini dan mengetahui tingkat emosional anak dini di TK Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel berjumlah 121 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu peneliti mengamati kegiatan dan terlibat secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan. Jenis tes yang digunakan dalam proses penelitian ini untuk Keterampilan Motorik menggunakan Teknik Gerak Dasar sedangkan untuk Tingkat Emoisonal menggunankan Teknik Sosiometri yaitu pengumpulan data dalam evaluasi pembelajaran untuk menelaah struktur hubungan sosial peserta didik yang ada dilingkungan sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Motorik pada murid Taman Kanak-kanak Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dengan jumlah 121 murid sebanyak 45% (54 anak) berkembang sangat baik (BSB),sebanyak 48% (58 anak) berkembang sesuai harapan dan sebnyak 7% (8 anak) mulai berkembang.Sedangkan hasil penelitian Tingkat Emosional pada murid Taman Kanak-kanak Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dengan jumlah 121 murid sebanyak 43% (53 anak) Berkembang Sangat Baik (BSB),sebanyak 45% (54 anak) Berkembang sesuai harapan (BSH) dan sebanyak 12% (14 anak) Mulai berkembang (MB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPranoto, Nurdin WidyaUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorChaironi, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTORIK, EMOSIONAL, ANAK USIA DINI, PASCA PANDEMI COVID-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:48
Last Modified: 28 Dec 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41382

Actions (login required)

View Item View Item