Buku Berilustrasi pada Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang

Wulandari, Anita (2022) Buku Berilustrasi pada Anak Penyandang Disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Anita_Wulandari_19026013_5625_2022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui praktik pemanfaatan buku berilustrasi pada anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang, (2) mengetahui respon anak penyandang disabilitas terhadap buku berilustrasi yang diberikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, penelusuran literatur dan dokumentasi. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa: (1) praktik pemanfaatan buku berilustrasi pada anak penyandang disabilitas di sekolah luar biasa (SLB) Karya Padang, bahwa pemberian buku berilustrasi dapat membantu anak tunarungu dan tuna grahita ringan agar lebih mudah memahami materi yang disampaikan; (2) respon anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang karena keterbatasan anak dalam berbicara atau menyampaikan informasi. Guru meminta anak-anak untuk mengambarkan apa makna yang mereka dapat dari cerita yang diberikan, dari gambaran inilah nantinya guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap cerita yang diberikan melalui buku berilustrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:48
Last Modified: 28 Dec 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41381

Actions (login required)

View Item View Item