Wulandari, Anita
(2022)
Buku Berilustrasi pada Anak Penyandang Disabilitas di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui praktik pemanfaatan buku
berilustrasi pada anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya
Padang, (2) mengetahui respon anak penyandang disabilitas terhadap buku
berilustrasi yang diberikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, penelusuran literatur
dan dokumentasi.
Hasil pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa: (1) praktik pemanfaatan
buku berilustrasi pada anak penyandang disabilitas di sekolah luar biasa (SLB) Karya
Padang, bahwa pemberian buku berilustrasi dapat membantu anak tunarungu dan tuna
grahita ringan agar lebih mudah memahami materi yang disampaikan; (2) respon
anak penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Padang karena
keterbatasan anak dalam berbicara atau menyampaikan informasi. Guru meminta
anak-anak untuk mengambarkan apa makna yang mereka dapat dari cerita yang
diberikan, dari gambaran inilah nantinya guru dapat mengetahui sejauh mana
pemahaman anak terhadap cerita yang diberikan melalui buku berilustrasi.
Actions (login required)
|
View Item |