Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan dengan Ketepatan Smash Atlet Bolavoli pada Klub Porpen Kota Padang.

Widianto, Danang (2022) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan dengan Ketepatan Smash Atlet Bolavoli pada Klub Porpen Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DANANG_WIDIANTO_18086098_5024_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bahwa Klub Porpen masih minim prestasinya, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi antara lain yang berhubungan baik dari kondisifisik, teknik, taktik dan mental. Dalam Penelitian ini peneliti menduga ada hubungan dengan ketepatan smash atlet bolavoli Klub Porpen, diduga ketepatanya masih belum akurat, dari beberapa faktor yang mempengaruhi ketepatan smash peneliti menduga faktor yang dominan disebabkan karena rendahnya daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan dengan ketepatan smash atlet bolavoli Klub Porpen Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah korelasional.Populasi penelitian ini seluruh atlet bolavoli Klub Porpen Kota Padang berjumlah 21 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu 21 orang.Data diperoleh melalui tes, daya ledak otot tungkai dengan tes vertical jump, koordinasi mata tangan dengan menggunakan tes Ballwerfen Und-fangen, dan ketepatan smash dengan tes ketepatan smash. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis product moment, dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Berdasarkandarihasilanalisisdatamenunjukkanbahwa ketepatan smash di pengaruhi oleh daya ledak otot tungkai dengan persentase 20,61%, koordinasi mata tangan dengan persentase 40,45%, Dan kedua variabel tersebut secara bersama-sama dengan persentase 42,51%. dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan dengan ketepatan smash atlet bolavoli pada Klub Porpen Kota Padang. Sehingga bagi pelatih untuk meningkatkan latihan-latihan pada dua variabel tersebut dan faktor-faktor lainnya yang mendukung ketepatan smash secara kontiniu dan sistematis agar smash atlet tersebut dapat tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianti, EriantiUNSPECIFIED
CorrectorUmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KOORDINASI MATA TANGAN,KETEPATAN SMASH
Subjects: R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:07
Last Modified: 27 Dec 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41377

Actions (login required)

View Item View Item