Nilai-nilai Akhlak Islam dalam Novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N. dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di SMA

Syaputra, Angga Eko (2022) Nilai-nilai Akhlak Islam dalam Novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N. dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANGGA_EKO_SYAPUTRA_18016104_5474_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai Akhlak Islam dalam Novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini yaitu satuan peristiwa berupa kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengidentifikasi nilai-nilai akhlak Islam berupa narasi narator berupa tokoh, tindakan tokoh, dan tuturan tokoh pada latar cerita novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N. Sumber data penelitian yaitu novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N yang diterbitkan oleh Imania tahun 2014. Hasil penelitian pada novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N yaitu terdapat nilai-nilai akhlak Islam berupa akhlak terhadadap Allah , akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap sesama manusia. Secara keseluruhan ditemukan sebanyak 95 data nilai-nilai akhlak Islam dalam novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M.N. Masing-masing nilai akhlak tersebut yakni 40 nilai akhlak terhadap Allah, 28 nilai akhlak terhadap diri sendiri, 27 nilai akhlak terhadap sesama manusia. Hasil penelitian ini dapat di implikasikan dalam pembelajaran teks novel siswa SMA kelas XII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:37
Last Modified: 27 Dec 2022 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41370

Actions (login required)

View Item View Item