Desain Aplikasi Model Latihan Sepakbola Usia 14-17 Tahun Berbasis Android Berdasarkan Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia.

Suprayogi, Ade (2022) Desain Aplikasi Model Latihan Sepakbola Usia 14-17 Tahun Berbasis Android Berdasarkan Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ADE_SUPRAYOGI_18086064_6223_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara secara langsung di SSB BBC Batuang Taba menemukan bahwa sebagian kecil siswa tidak mengetahui buku Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia, dan sebagian besar siswa yang mengetahui buku tersebut dan malas membacanya karena siswa saat ini lebih suka dengan media berbasis elektronik yang dinilai lebih praktis dan menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut desain aplikasi model latihan sepakbola usia 14-17 tahun berbasis android berdasarkan buku kurikulum menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan desain aplikasi model latihan sepakbola usia 14-17 tahun berbasis android berdasarkan buku Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi) namun dibatasi sampai tahap Development (Pengembangan). Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, Pelatih dan siswa SSB BBC Batuang Taba. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas memperoleh rata-rata nilai momen kappa (k) sebesar 0,89 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas pada pelatih memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,95 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi dan hasil uji praktikalitas pada siswa memperoleh rata-rata nilai moment kappa (k) sebesar 0,92 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
CorrectorIhsan, NurulUNSPECIFIED
CorrectorLawanis, HaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANDROID, KURIKULUM, SEPAKBOLA
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:39
Last Modified: 27 Dec 2022 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41363

Actions (login required)

View Item View Item