Pengaruh Leverage, Growth, dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Putri, Yuza Dwi (2022) Pengaruh Leverage, Growth, dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_YUZA_DWI_PUTRI_16059138_4769_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, growth, danmekanismecorporate governanceterhadapfinancial distresspadaperusahaanpertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 sampel. Variabel-variabel pada penelitian ini dikelompokkan menjadi dua. Pertama adalah variabel dependen berupa Financial Distress. Kedua adalah variabel independen yang terdiri darileverage, growth, kepemilikan manajerial, kepemilkan institusional, komite audit, dan dewan komisaris. Dalam penelitianini data didapatkan dari laporan keuangan setiap perusahaan dengan cara melihat di website Bursa Efek Indonesia (www.idx.id). Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan program software IBM SPSS Statistics 25. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan laporan tahunan perusahaan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Leverage tidak berpengaruh terhadap financial distress (2) Growth berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress (3) Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress (4) Kepemilikan Institusi tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress (5) Komite Audit tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress (6) Dewan Komisaris berpengaruh negative dan signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasdupi, ErniUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, RosyeniUNSPECIFIED
CorrectorPatrisia, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL DISTRESS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KOMITE AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:37
Last Modified: 26 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41362

Actions (login required)

View Item View Item