Afdelia, Wiza
(2022)
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kami (Bukan)
Jongos Berdasi Karya J.S Khairen.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter yang terdapat di dalam novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi karya J.S
Khairen, dan (2) mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam
novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi terhadap pembelajaran teks novel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data
dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat naratif serta peristiwa yang
mengandung nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Kami (Bukan)
Jongos Berdasi karya J.S Khairen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu membaca dan memahami novel secara keseluruhan, dan mencatat data yang
berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kami (Bukan)
Jongos Berdasi karya J. S Khairen berupa satuan peristiwa dan perilaku tokoh.
Hasil penelitian yang dilakukan pada novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi
karya J.S Khairen dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat empat belas
nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi karya J.S
Khairen dengan jumlah data sebanyak 116 data. Kedua, implikasi nilai-nilai
pendidikan karakter dalam novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi karya J.S Khairen
terhadap pembelajaran teks novel terletak pada kebahasaan dan latar belakang
budaya.
Actions (login required)
|
View Item |