Yuningsih, Trisia Asril
(2022)
Persepsi Siswa Kelas X SMAN 4 Padang Terhadap
Penggunaan Aplikasi Kana dalam Pembelajaran
Hiragana.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Negeri Padang.
Pembelajaran bahasa Jepang untuk tingkat dasar selalu diawali dengan hurufhuruf
dasar seperti hiragana dan katakana. Dalam mempelajari bahasa Jepang
mempelajari hiragana dan katakana adalah hal yang tidak bisa dihindari. SMAN 4
Padang merupakan salah satu sekolah yang sudah memiliki pelajaran bahasa Jepang,
pada semester 1 kelas X SMAN 4 Padang huruf yang dipelajari adalah hiragana.
Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan di SMAN 4 Padang ditemui
beberapa masalah yang dialami oleh pemelajar yaitu, kurangnya media pembelajaran
untuk menarik minat siswa. kesulitan siswa dalam membedakan hiragana yang
berbeda dengan alphabet membuat siswa kesulitan mengingat, menulis dan menghafal
hiragana. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka digunakanlah salah satu media
yaitu aplikasi kana. Media aplikasi ini sebelumnya sudah digunakan oleh peneliti
selama satu semester di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana persepsi atau tanggapan siswa terhadap aplikasi kana. Pada
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sampel 34
orang siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini adalah angket jenis tertutup.
Berdasarkan hasil dari analisis angket dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa
terhadap aplikasi kana sebagai media pembelajaran hiragana dengan nilai sebesar 87
tergolong dalam kategori “baik”, dan aplikasi ini efektif bagi pemula untuk
mempelajari hiragana.
Actions (login required)
|
View Item |