Analisis Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Lanjutan Pembangunan Pertokoan Lubuk Buaya Bagian Selatan Kota Padang

Azzahra, Salsabila (2022) Analisis Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Lanjutan Pembangunan Pertokoan Lubuk Buaya Bagian Selatan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SALSABILA_AZZAHRA_18062064_1810_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Faktor K3 secara umum di Indonesia masih menjadi masalah yang besar pada proyek konstruksi. Contohnya adalah tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi di proyek konstruksi. Salah satu upaya yang dilakukan proyek konstruksi untuk meminimalisir angka kecelakaan adalah dengan melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Penelitian ini memiliki tujuan yaitu agar dapat mengetahui besaran biaya keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek lanjutan pembangunan pertokoan Lubuk Buaya Bagian Selatan Kota Padang dan juga perbandingan selisihnya dengan harga satuan yang ada di Kota Padang. Pada tahun 2018, Keselamatan Kontruksi harus selalu ada disetiap perusahaan konstruksi, namun sejak tahun 2021 tepatnya pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 Tahun 2021, nama K3 pada konstruksi diganti menjadi Sistem Manajemen Keselamatan Kontruksi, karena keselamatan bukan hanya untuk pekerja saja, tetapi untuk semua yang terlibat dalam kontruksi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk survey dan wawancara dimana tahapan anilisis datanya adalah dengan melakukan perhitungan biaya Keselamatan Konstruksi (RAB KK) pada kontraktor dengan biaya Keselamatan Konstruksi (RAB KK) yang ditinjau dari harga satuan di Kota Padang. Hasil penelitian yang didapat pada proyek Lanjutan Pembangunan Pertokoan Lubuk Buaya Bagian Selatan menunjukkan bahwa Rencana Anggaran Biaya Keselamatan Konstruksi (RAB KK) yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 99.757.500,00 sedangkan Rencana Anggaran Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (RAB K3) yang ditinjau dari harga satuan Kota Padang adalah sebesar Rp. 97.342.500,00. Biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) harga kontraktor lebih besar daripada biaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ditinjau dari harga satuan di Kota Padang yaitu dengan selisih Rp.2.415.000,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorGiatman, GiatmanUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:42
Last Modified: 19 Dec 2022 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41302

Actions (login required)

View Item View Item