Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Ketepatan Smash Atlet Bolavoli Putra Klub Padang Adios

Marisa, Umi (2022) Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Ketepatan Smash Atlet Bolavoli Putra Klub Padang Adios. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_UMI_MARISA_20199065_1545_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya ketepatan smash pada atlet bolavoli putra klub Padang Adios. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi asosiatif kausal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung, tidak langsung dan simultan daya ledak otot lengan, daya ledak otot tungkai, koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan smash bolavoli. Populasi penelitian atlet bolavoli putra klub Padang Adios yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, yang berjumlah 14 atlet putra. Data dikumpulkan mengunakan tes untuk mengukur daya ledak otot lengan, daya ledak otot tungkai, koordinasi mata-tangan, dan ketepatan smash bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan daya ledak otot lengan terhadap ketepatan smash bolavoli dengan nilai 10, 76%.(2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan daya ledak otot tungkai terhadap ketepatan smash bolavoli dengan nilai 6,60%. (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan smash bolavoli dengan nilai 7,34%. (4) terdapat pengaruh tidak langsung daya ledak otot lengan terhadap ketepatan smash bolavoli melalui koordinasi mata- tangan dengan nilai 13,91 %. (5) terdapat pengaruh tidak langsung daya ledak otot tungkai terhadap ketepatan smash bolavoli melalui koordinasi mata-tangan dengan nilai 23,33%.(6) terdapat pengaruh simultan yang signifikan antara daya ledak otot lengan, daya ledak otot tungkai, dan koordinasi mata-tangan secara stimulan terhadap ketepatan smash bolavoli dengan nilai 24, 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYendrizal, YendrizalUNSPECIFIED
CorrectorTuhidin, DidinUNSPECIFIED
CorrectorWahyury, Asep SujanaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:38
Last Modified: 14 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41275

Actions (login required)

View Item View Item