Pengaruh Modifikasi Permainan Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Motorik pada Siswa SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Syuhada, Diaz Ilyasa (2022) Pengaruh Modifikasi Permainan Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Motorik pada Siswa SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DIAZ_ILYASA_SYUHADA_17089201_509_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya modifikasi permainan kasti yang diberkan guru pada siswa SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan kasti terhadap peningkatan kemampuan motorik pada siswa kelas IV dan V, siswa laki-laki dan perempuan SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman .. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 september - 30 september di SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 62 orang yang terdiri dari 42 laki-laki dan 20 perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling sebanyak 18 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 6 perempuan. Sebaran data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan motorik didapatkan normal melalui uji normalitas dan homogenitas. Hipotesisi penelitian dibuktikan dengan menggunakan uji-t. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Basil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa data tes awal memiliki rata-rata 11,72 selanjutnya pada tes akhir rata-ratanya adalah 13,27. Sedangkan t-test menunjukkan Bahwa thitung (6,710) > ttabel (1.740) setelah diberikan perlakuan. Berarti adanya terdapat pengaruh yang signifikan bentuk modifikasi permainan kasti terhadap kemampuan motorik pada siswa SDN 05 Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuchlis, Arif FadliUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorAlimuddin, AlimuddinUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:20
Last Modified: 14 Dec 2022 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41271

Actions (login required)

View Item View Item