Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Sepak Takraw Badan Pembinaan dan Latihan (BPL) Aia Tabik Takraw Club (ATTC) Kabupaten Agam

Ma'ruf, Adil (2022) Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Sepak Takraw Badan Pembinaan dan Latihan (BPL) Aia Tabik Takraw Club (ATTC) Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ADIL_MA'RUF_16086255_1499_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Selama tiga tahun terakhir, prestasi atlit sepak takraw BPL ATTC Kabupaten Agam terus mengalami penurunan. Kondisi diperparah lagi di masa pandemi 2020 ini, pelatihan semakin sulit terlaksana. Padahal, kondisi fisik atlit harus senantiasa terpantau untuk memberikan gambaran tentang potensi atlit tersebut dalam mempersiapkan diri mengikuti pertandingan yang bisa saja akan banyak digelar ketika masa pandemi ini berakhir kelak. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kondisi fisik atlit sepak takraw BPL A TTC Kabupaten Agam yang dilihat dari tingkat kecepatan, kelenturan, kelincahan dan daya ledak otot tungkai.Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, yakni dengan mendeskripsikan tingkat kecepatan, kelentukan, kelincahan dan daya ledak otot tungkai atlit sepak takraw BPL A TTC Kabupaten Agam dengan menggunakan rentang norma masing-masing indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi fisik atlet sepak takraw BPL-ATTC Kabupaten Agam secara umum pada indikator kecepatan dalam kategori kurang, dimana 80% atlit memiliki kecepatan kategori kurang; Kelentukan atlit secara umum dalam kategori baik, atlit yang memiliki kelentukan pinggang di atas cukup mencapai 53%; Kelincahan atlit secara umum tergolong kurang, dimana sebanyak 53% atlit memiliki kelincahan pada kategori kurang dan kurang sekali; Daya ledak otot tungkai secara umum tergolong baik, dimana 50% atlit memiliki daya ledak otot baik dan baik sekali, dan yang berada di kategori kurang dan kurang sekali hanya 26,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmi, AliUNSPECIFIED
CorrectorNirwandi, NirwandiUNSPECIFIED
CorrectorDonni, DonniUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:19
Last Modified: 14 Dec 2022 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41270

Actions (login required)

View Item View Item