Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Bola Basket Atlet Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Esmander, Harlend (2022) Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Bola Basket Atlet Putra Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_HARLEND_ESMANDER_16087153_568_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh latihan plyometric terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket atlet putra ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Variabel dalam penelitian ini adalah latihan plyometrics sebagai variable bebas dan kemampuan shooting sebagai variabel terikat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrics terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet putra Sma Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, jadi penelitian eksperimen ini berujuan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang di berikan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet putra bola basket SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 17 putra dan 8 orang putri, sampel dalam penelitian ini adalah atlet putra SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan shooting menggunakan tes latihan plyometrics. Untuk meningkat kemampuan shooting dengan akurat yang menghasilkan poin. Setelah itu, data diolah dengan statistic, untuk menguji normalitas dengan uji lilliefors. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh latihan plyometrics terhadap kemampuan shooting. Berdasarkan hasil data statistik diketahui bahwa latihan plyometrics mi memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan kemampuan shooting. Dimana rata-rata pre test kemampuan shooting sebesar 1,00 sedangkan post test nya meningkat menjadi 1,62. Berdasarkan hasil uji t pada latihan plyometrics menghasilkan thitung 4,46 sedangkan ttabel 2,36 berarti thitung > ttabel (4,46>2,36). Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan plyometrics terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket pada atlet putra ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardela, RomiUNSPECIFIED
CorrectorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorYennes, RonniUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:20
Last Modified: 14 Dec 2022 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41263

Actions (login required)

View Item View Item