Alif, Raysan
(2022)
Pengaruh Persepsi orangtua, Persepsi Peserta Didik Belajar Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ((PJOK)) Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak di Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi orangtua, peserta didik belajar daring dan motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak.
Jenis penelitian yaitu kuantitatif mengunakan disains penelitian korelasi
dengan metode asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang terdiri dari kelas V. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variable yaitu, mengunaka kuesioner untuk variabel persepsi orangtua, peserta didik belajar daring, dan motivasi belajar, serta data rapor untuk hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis jalur (Paht Analysis).
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh persepsi orangtua terhadap motivasi belajar (PJOK) sebesar 0,412, (2) Terdapat pengaruh peserta didik belajar daring terhadap motivasi belajar (PJOK) sebesar
0,485, (3) Terdapat pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap hasil
belajar (PJOK) sebesar 0,890, (4) Terdapat pengaruh tidak langsung persepsi orangtua terhadap hasil belajar (PJOK) melalui motivasi belajar siswa sebesar
5,522, (5) Terdapat pengaruh tidak langsung peserta didik belajar daring terhadap
hasil belajar (PJOK) melalui motivasi belajar sebesar 6,458, (6) Terdapat pengaruh persepsi orangtua, peserta didik belajar daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar (PJOK) Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tumang Kecamatan Siak di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 0,562.
Actions (login required)
|
View Item |