Hubungan Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Belajar Online di SMAN 1 Ranah Pesisir di Era New Normal

Andini, Yola Risma (2022) Hubungan Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Belajar Online di SMAN 1 Ranah Pesisir di Era New Normal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YOLA_RISMA_ANDINI_18006063_4499_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kebermaknaan hidup yang tinggi akan membuat individu berinteraksi dan beromunikasi dengan anggota kelompok serta adanya sikap rasa saling bergantung, saling memberikan dukungan, saling memberikan rasa aman, saling dekat dan akrab antar anggota kelompok. Dukungan sosial adalah transaksi interpersonal yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang lain, dan dukungan itu datang dari orang-orang yang penting bagi mereka. Kebermaknaan Hidup dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah dukungan sosial. Tingginya dukungan sosial di suatu lingkungan akan mempengaruhi kebermaknaan hidup di lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran dukungan sosial dan mendeskripsikan gambaran kebermaknaan hidup siswa serta menguji hubungan antara dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 648 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 248 orang, yang dipilih dengan teknik Proposional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dukungan sosial dengan angket kebermaknaan hidup siswa model Skala Likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson Product Moment dengan program statical product and service solution (spss) version 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat dukungan sosial siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir berada pada kategori rendah dengan persentase 74,2%, (2) tingkat Kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir berada pada kategori rendah dengan persentase 62,5%, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara dukungan sosial dengan Kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir dengan besar korelasi 0,923 yang berada pada kategori sangat kuat dan signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:39
Last Modified: 13 Dec 2022 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41243

Actions (login required)

View Item View Item