Andini, Yola Risma
(2022)
Hubungan Dukungan Sosial dengan
Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Belajar Online di SMAN 1 Ranah Pesisir
di Era New Normal.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kebermaknaan hidup yang tinggi akan membuat individu berinteraksi dan
beromunikasi dengan anggota kelompok serta adanya sikap rasa saling
bergantung, saling memberikan dukungan, saling memberikan rasa aman, saling
dekat dan akrab antar anggota kelompok. Dukungan sosial adalah transaksi
interpersonal yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang lain, dan
dukungan itu datang dari orang-orang yang penting bagi mereka. Kebermaknaan
Hidup dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah dukungan sosial.
Tingginya dukungan sosial di suatu lingkungan akan mempengaruhi
kebermaknaan hidup di lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan gambaran dukungan sosial dan mendeskripsikan gambaran
kebermaknaan hidup siswa serta menguji hubungan antara dukungan sosial
dengan kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 648 orang siswa yang terdaftar pada
tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 248 orang, yang dipilih dengan
teknik Proposional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dukungan sosial dengan angket kebermaknaan hidup siswa
model Skala Likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif
dan untuk menguji hubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson Product
Moment dengan program statical product and service solution (spss) version 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat dukungan sosial siswa di
SMAN 1 Ranah Pesisir berada pada kategori rendah dengan persentase 74,2%, (2)
tingkat Kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1 Ranah Pesisir berada pada
kategori rendah dengan persentase 62,5%, (3) terdapat hubungan yang signifikan
dan positif antara dukungan sosial dengan Kebermaknaan hidup siswa di SMAN 1
Ranah Pesisir dengan besar korelasi 0,923 yang berada pada kategori sangat kuat
dan signifikansi 0,000.
Actions (login required)
|
View Item |