Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Seintifik di Kelas III SDN 24 Parupuk Tabing Padang Barat

Rahmawati, Vezi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Seintifik di Kelas III SDN 24 Parupuk Tabing Padang Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Vezi_Rahmawati_18129325_4813_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masihrendah, hal ini terlihat pada proses pelaksanaan guru lebih dominan memberikaninformasi materi pelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan hanyamendengarkan apa yang disampaikan guru, guru belum mengembangkan modelpembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan peserta didik kurang berminatmengindentifikasi masalah dan kurangnya keberanian peserta didik untukmengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik padapembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan seintifikdi kelas III SDN 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam duasiklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1xpertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana PelaksanaanPembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar. Subjek penelitian ini adalahguru dan peserta didik kelas III SDN 24 Parupuk Tabingyang berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a)RPP pada siklusI memperoleh rata-rata 81,94 % baik(B) dan meningkat padasiklus II memperoleh persentase 91,66% (SB),b)aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 83,93% baik (B) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase 92,85% sangat baik (SB), c)aktivitas peserta didik siklus I memperoleh ratarata82,14%dengan kualifikasi baik(B) dan meningkat pada siklus II memperolehpersentase 96,42% sangat baik (SB), dan d)hasil belajar pesertadidik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,8dengan predikat cukup(C) danmeningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86.60 sangat baik (SB).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan seintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajarantematik terpadu di kelas III SDN 24 Parupuk Tabing Padang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:14
Last Modified: 13 Dec 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41241

Actions (login required)

View Item View Item