Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give di Kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi

Afriliani, Yessy (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give di Kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Yessy_Afriliani_18129213_4933_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give di kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 36 peserta didik kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret semester II tahun ajaran 2021/2022. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 87,4% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB). b) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 84% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 95,4% dengan kualifikasi sangat baik (SB), pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,9% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,1% dengan kualifikasi sangat baik (SB). c) Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 75,1 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 87,9 dengan kualifikasi baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Percontohan Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:02
Last Modified: 13 Dec 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41239

Actions (login required)

View Item View Item