Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 10 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok

Zulfani, Zikra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 10 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ZIKRA_ZULFANI_18129339_4634_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 10 Sarik Alahan tigo. Guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran yang berbasis masalah dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan nyata. Sehingga berdampak pada peserta didik yang kurang memahami pembelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penyajian data dengan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksankan dua kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan sekali pertemuan. Masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo yang berjumlah 21 orang terdiri dari 10 peserta didik laki – laki dan 11 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklius I rata – rata 80% dengan kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek guru kualifikasi siklus I rata – rata 60% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 96% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek peserta didik pada siklus I rata – rata 68% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 92% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata – rata 72 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 92 dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Dengan demikian , dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penyajian data di kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:55
Last Modified: 13 Dec 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41238

Actions (login required)

View Item View Item