Zulfani, Zikra
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data dengan Model
Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 10 Sarik Alahan Tigo Kabupaten
Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di
kelas V SDN 10 Sarik Alahan tigo. Guru belum maksimal menggunakan model
pembelajaran yang berbasis masalah dalam proses pembelajaran yang berkaitan
dengan lingkungan nyata. Sehingga berdampak pada peserta didik yang kurang
memahami pembelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penyajian data dengan model Problem
Based Learning (PBL) di kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksankan dua kali pertemuan. Siklus II
dilaksanakan sekali pertemuan. Masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo yang berjumlah 21 orang
terdiri dari 10 peserta didik laki – laki dan 11 peserta didik perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil
pengamatan RPP pada siklius I rata – rata 80% dengan kualifikasi baik (B)
meningkat menjadi 97% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Pada
hasil observasi dari aspek guru kualifikasi siklus I rata – rata 60% dengan
kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 96% dengan kualifikasi sangat baik (A)
pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek peserta didik pada siklus I rata –
rata 68% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 92% dengan
kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik
siklus I memperoleh rata – rata 72 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat
menjadi 92 dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II. Dengan demikian ,
dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran penyajian data di
kelas V SDN 10 Sarik Alahan Tigo.
Actions (login required)
|
View Item |