Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme

Diningsih, Tri Aprilia (2022) Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_TRI_APRILIA_DININGSIH_18003167_4304_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis permulaan merupakan salah satu hal yang penting dalam memperoleh informasi di bidang akademik. Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang melibatkan motorik halus anak yaitu kekuatan jari-jari anak. Siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis permulaan harus memperoleh perhatian yang cukup, karena banyak siswa yang belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan salah satunya anak dengan gangguan spektrum autsime yang memiliki kemampuan menulis permulaan yang rendah terutama dalam aspek menulis dan menyalin huruf vokal. Peneliti memilki ketertarikan dalam mengangkat permasalahan ini dikarenakan memilki tujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan serta untuk membuktikan efektif atau tidaknya finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. teknik analisis data pada penelitian ini berupa analisis visual grafik. semua data yang diperoleh pada dua kondisi yaitu baseline (A) dan Intervensi (B) akan di gambarkan dalam grafikgrafik yang dapat menjelaskan bagaimana perolehan data yang dilakukan selama penelitian berlangsung. Hasil analisis data yang dilakukan selama 16 kali pertemuan, dimana pengumpulan data dilakukan dalam dua kondisi yaitu baseline (A) dengan perolehan hasil persentase 0%, 20%, 20%, dan 20%. Kemudian kondisi intervensi (B) dengan perolehan persentase 30%, 30%, 40%, 50%, 60% 70%, 70%, 70%, dan kondisi baseline A2 dengan perolehan hasil persentase 90%, 100%, 100%, dan 100%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa finger painting efektif untuk meningkat kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Assyifa Umaimah Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:32
Last Modified: 12 Dec 2022 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41235

Actions (login required)

View Item View Item