Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Video Animasi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK kelas VIII di SMPN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Palalawan

Safitri, Novia Irna (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Video Animasi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK kelas VIII di SMPN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Palalawan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_NOVIA_IRNA_SAFITRI_18004207_4588_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di sekolah mengenai rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk menumbuhkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMPN 1 Pangkalan Kuras. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimen design), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh dan sekaligus perbedaan antara dua variable yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar pedoman angket dan lembar soal. Kemudian data diolah dengan t-test. Penelitian ini dilakukan dalam Mata Pelajaran TIK pada semester genap yang terdiri dari dua kelas, satu kelas dijadikan kelas kontrol dan kelas lainnya kelas eksperimen dengan masing – masing kelasnya berjumlah 25 orang. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan menerapkan model pembelajaran konvensional terdapat t hitung = 2,156 > t tabel = 2,041, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa kelas eksperimen dengan aktivitas siswa kelas kontrol. Data hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran tipe Think Talk Write berbantuan video animasi dengan menerapkan model pembelajaran konvensional terdapat t hitung = 2,267 > t tabel = 2,041, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa kelas eksperimen dengan nilai siswa kelas kontrol. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan video animasi member pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas VIII SMPN 1 Pangkalan Kuras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:40
Last Modified: 12 Dec 2022 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41232

Actions (login required)

View Item View Item