Kemampuan Komunikasi Siswa Berdasarkan Keterlibatan dalam Organisasi

Salsabilla, Mutiara Ulva (2022) Kemampuan Komunikasi Siswa Berdasarkan Keterlibatan dalam Organisasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Mutiara_ulva_salsabilla_18006158_4575_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah proses pertukaran pesan, dimana pesan ini bisa berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Kegagalan komunikasi dapat menjadi masalah bagi kehidupan umat manusia, kegagalan ini disebabkan berbagai faktor, baik dari subjek yang berkomunikasi maupun objek yang dikomunikasikan. Permasalahan yang terjadi bisa dikarenakan oleh komunikator dan komunikan yang saling tidak memahami alur komunikasi yang dilakukan, sehingga tidak sampai sinyal yang diberikan dan tidak terbentuknya sistem komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa yang terlibat dalam organisasi, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa yang tidak terlibat dalam organisasi, dan (3) menguji perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang terlibat dalam organisasi dan tidak terlibat dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 586 orang siswa kelas XI dan XII SMAN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian sebanyak 76 orang siswa dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kemampuan komunikasi siswa dengan model skala Likert. Teknik pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi siswa yang terlibat dalam organisasi berada pada kategori baik (2) kemampuan komunikasi siswa yang tidak terlibat dalam organisasi secara rata-rata pada kategori cukup baik, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi siswa berdasarkan keterlibatan dalam organisasi; kemampuan komunikasi siswa yang terlibat dalam organisasi lebih baik daripada kemampuan komunikasi siswa yang tidak terlibat dalam organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:39
Last Modified: 12 Dec 2022 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41231

Actions (login required)

View Item View Item