Wibiyanti, Sekar
(2022)
Penerapan Model Pembelajaran Guided Note
Taking dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik
Terpadu di Kelas IV SDN 17 Manggis Ganting
Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan peserta didik yang kurang
aktif dalam pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran yang
kreatif, dan dalam penyusunan RPP. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan
model pembelajaran Guided Note Taking di kelas IV SDN 17 Manggis Ganting
Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik kelas IV sebanyak 22 orang, yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan
9 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II Siklus, siklus I terdiri
dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus
meliputi empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I diperoleh
nilai rata-rata 84,72%, dan siklus II menjadi 94,4%. (SB) b) Aktivitas guru siklus
I diperoleh rata-rata 83,33%, dan siklus II menjadi 95,83%. (SB) c) Aktivitas
peserta didik siklus I diperoleh nilai 85,41% , dan pada siklus II 95,83%. (SB) d)
Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 73,58 (D) dan siklus II
dengan nilai rata-rata 87,34 (B). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan
bahwa dengan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematuk terpadu di
sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |