Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Wibiyanti, Sekar (2022) Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Sekar_Wibiyanti_18129311_4064_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran, guru belum menggunakan model pembelajaran yang kreatif, dan dalam penyusunan RPP. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking di kelas IV SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 22 orang, yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II Siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 84,72%, dan siklus II menjadi 94,4%. (SB) b) Aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 83,33%, dan siklus II menjadi 95,83%. (SB) c) Aktivitas peserta didik siklus I diperoleh nilai 85,41% , dan pada siklus II 95,83%. (SB) d) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 73,58 (D) dan siklus II dengan nilai rata-rata 87,34 (B). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematuk terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:32
Last Modified: 12 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41228

Actions (login required)

View Item View Item