Peningkatan Keterampilan Membuat Dimsum Udang Melalui Metode Demonstrasi Terbimbing pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research, Dikelas VIII di SLB Negeri Deli Serdang, Sumatera Utara)

Sulmi, Isnaini (2022) Peningkatan Keterampilan Membuat Dimsum Udang Melalui Metode Demonstrasi Terbimbing pada Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research, Dikelas VIII di SLB Negeri Deli Serdang, Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ISNAINI_SULMI_21003283_4079_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas dua peserta didik yang mengalami masalah dalam keterampilan membuat dimsum udang. Hasil pengamatan menunjukan bahwa siswa memiliki minat dan bakat yang baik dalam membuat dimsum udang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membuat dimsum udang melalui metode demonstrasi terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membuat dimsum udang untuk anak tunagrahita ringan kelas VIII dilakukan melalui model demonstrasi terbimbing. Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat NH mendapat skor 50 %, 55%, 65% sedangkan AD mendapatkan nilai 60%, 65%, 75% Pada siklus II NH mendapatkan skor 75 %, 85% dan 90 %, sedangkan AD 80%, 90% dan 95%. Kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat dimsum udang dapat meningkat melalui metode demonstrasi terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:21
Last Modified: 09 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41225

Actions (login required)

View Item View Item