Hubungan Labeling dengan Kepercayaan Diri Siswa SMA dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Fitri, Kurnia (2022) Hubungan Labeling dengan Kepercayaan Diri Siswa SMA dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_KURNIA_FITRI_18006155_4648_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu bentuk keyakinan terhadap diri sendiri, tingkah laku, emosi yang bersumber dari hati nurani agar mampu melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan dan tujuan. Kepercayaan diri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya labeling. Labeling merupakan suatu cap atau julukan yang diberikan kepada individu, julukan ini berupa nama yang unik merujuk kepada tingkah laku yang ditunjukan individu kepada lingkungannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan labeling SMAN 3 Pariaman, mendeskripsikan kepercayaan diri SMAN 3 Pariaman dan menguji antara hubungan labeling dengan kepercayaan diri siswa SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Pariaman yang berjumlah 306 Siswa dengan sampel sebanyak 44 siswa dipilih dengan teknik purposif sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan pearson correlation product moment dengan menggunakan Software SPSS versi 21. Hasil penelitian menemukan (1) labeling yang terdapat di SMAN 3 Pariaman berada pada kategori tinggi dengan persentase 54,54%, (2) kepercayaan diri siswa SMAN 3 Pariaman berada pada kategori rendah dengan persentase 72,72%. (3) Adanya hubungan yang negatif signifikan antara labeling dengan kepercayaan diri, rxy=-0,492 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Artinya peningkatan labeling diikuti dengan penurunan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan pelayanan dan bekerja sama dengan semua pihak yang terkait, untuk mengurangi labeling serta meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat diberikan berupa layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok terkait dengan bahaya labeling dan kiat-kiat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorS, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:19
Last Modified: 09 Dec 2022 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41223

Actions (login required)

View Item View Item