Wulandari, Melati
(2022)
Hubungan Gaya Belajar dengan Disiplin Siswa di
Era New Normal di MAN 1 Sarolangun.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Disiplin siswa merupakan ketaatan atau kepatuhan terhadap aturan
pembelajaran, baik tertulis maupun tidak tertulis yang telah di tetapkan di era new
normal. Namun di era new normal ditemukan ada sebagian siswa datang
terlambat kesekolah, ada siswa yang terlambat bergabung ketika belajar online,
ada siswa ribut saat jam pelajaran berlangsung. Kondisi itu menunjukan
permasalahan disiplin siswa dalam belajar. Salah satu faktor perubahan prilaku
siswa akibat belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara termudah
yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi
yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan siswa dalam
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan gaya belajar
dengan disiplin siswa di era new normal di MAN 1 Sarolangun.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif
korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 269 siswa
yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 166 siswa
dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan angket disiplin siswa di
era new normal. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk
menguji hubungan data analisis menggunakan rumus pearson product moment.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat gaya belajar siswa
berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor capaian 94,53 (65,20%) dan
kebanyakan siswa memiliki gaya belajar visual dengan 48%. (2) tingkat disiplin
siswa di era new normal berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor capaian
71,64 (65,13%). (3) Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif
signifikan antara gaya belajar dengan disiplin siswa di era new normal dengan
nilai r hitung sebesar 0,400 dengan taraf signifikan 0,000.
Actions (login required)
|
View Item |