Hubungan Gaya Belajar dengan Disiplin Siswa di Era New Normal di MAN 1 Sarolangun

Wulandari, Melati (2022) Hubungan Gaya Belajar dengan Disiplin Siswa di Era New Normal di MAN 1 Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Melati_Wulandari_18006038_4650_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Disiplin siswa merupakan ketaatan atau kepatuhan terhadap aturan pembelajaran, baik tertulis maupun tidak tertulis yang telah di tetapkan di era new normal. Namun di era new normal ditemukan ada sebagian siswa datang terlambat kesekolah, ada siswa yang terlambat bergabung ketika belajar online, ada siswa ribut saat jam pelajaran berlangsung. Kondisi itu menunjukan permasalahan disiplin siswa dalam belajar. Salah satu faktor perubahan prilaku siswa akibat belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi yang diterima. Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan gaya belajar dengan disiplin siswa di era new normal di MAN 1 Sarolangun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 269 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 166 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan angket disiplin siswa di era new normal. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk menguji hubungan data analisis menggunakan rumus pearson product moment. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat gaya belajar siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor capaian 94,53 (65,20%) dan kebanyakan siswa memiliki gaya belajar visual dengan 48%. (2) tingkat disiplin siswa di era new normal berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor capaian 71,64 (65,13%). (3) Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif signifikan antara gaya belajar dengan disiplin siswa di era new normal dengan nilai r hitung sebesar 0,400 dengan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:19
Last Modified: 09 Dec 2022 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41222

Actions (login required)

View Item View Item