Martin, Rocky
(2022)
Hubungan Nilai Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan
terhadap Tingkat Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2016 Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini mahasiswa lulus dengan nilai rata-rata baik, namun terlihat pada proses pelaksanaan PPLK mahasiswa belum siap untuk mengajar. Pada pelaksanaan PPLK mayoritas mahasiswa lulus dengan nilai akhir yang diterima termasuk dalam kategori baik. Oleh sebab itu perlu diketahui apakah terdapat hubungan nilai Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan terhadap tingkat kesiapan menjadi guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2016 Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 44 orang mahasiswa PTB angkatan 2016 yang telah melaksanakan PPLK. Sedangkan sampel penelitian adalah seluruh populasi yang ada (total sampling). Data yang didapat yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui angket yang disebarkan kepada responden, sedangkan data sekunder didapat dari dari Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL) berupa rekapitulasi penilaian PPLK pendidikan teknik bangunan angkatan 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis data deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) pengujian hipotesis yang terdiri dari analisis korelasi dan uji signifikansi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat dan signifikan antara Nilai Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan terhadap tingkat kesiapan menjadi guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2016 Universitas Negeri Padang, rhitung (0,414) > rtabel (0,297).
Actions (login required)
|
View Item |