Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Disleksia

Hikmah, Febri (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FEBRI_HIKMAH_18003008_4844_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak disleksia kelas III yang belum bisa membaca permulaan satu suku kata. Oleh karena itu anak perlu diberikan media untuk membantu pembelajaran anak.. Media aplikasi marbel adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia 6-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf abjad A sampai Z, membedakan antara huruf konsonan dan huruf vokal, serta mengajarkan cara mengeja per suku kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan satu suku kata anak disleksia di SDN 02 Batang Anai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. pada kondisi baseline (A1) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 8 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 4 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dilakukan dengan teknik tes lisan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrument tes lisan dalam bentuk daftar ceklist. Kemudian data analisis dengan teknik visual grafik Dari pengamatan yang dilakukan, pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 30%, 35%, 35%, 35%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 42%, 62%, 70%, 75%, 75%, 80%, 80%, 80%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 80%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan satu suku kata pada anak disleksia meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:23
Last Modified: 08 Dec 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41217

Actions (login required)

View Item View Item