Faktor-faktor Penyebab Siswa Menjadi Korban Bullying dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Skripsi

Kichi, Annisa Yohana (2022) Faktor-faktor Penyebab Siswa Menjadi Korban Bullying dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANNISA_YOHANA_KICHI_18006003_4798_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying di sekolah dapat menciptakan suasana yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik bidang akademik maupun sosial. Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, verbal, sosial maupun cyber bullying yang menyakiti siswa lain, biasa cenderung berimbas pada orang yang lemah. Seseorang yang menjadi sasaran bullying disebabkan karena adanya faktor yaitu faktor individu, faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor sekolah, dan faktor kontrol diri. Penelitian ini bertujuanuntuk melihat gambaran faktor-faktor penyebab siswa menjadi korban bullying dan implikasinya dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalaam penelitian ini adalah siswa SMP Adabiah Padang kelas Vlll yang menjadi korban bullying sebanyak 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan skala faktorfaktor penyebab siswa menjadi korban bullying model skala likert. Instrumen yang digunakan adalah mengenai faktor-faktor penyebab siswa menjadikorban bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan. faktor penyebab siswa menjadi korban bullying ditinjau dari indikator, yaitu 1) faktor individu indikator ciri kepribadian item no. 1 & 2 kategori tinggi, penerimaan diri no. Item 5 pada kategori tinggi, konsep diri no. Item 9 & 10 pada kategori tinggi, 2) faktor keluarga indikator hubungan emosional item no. 12 pada kategori sedang , dukungan informasional item no. 14 & 15 pada kategori rendah, dukungan instrumental item no. 17 pada kategori sedang, dan dukungan penilaian item no. 9 pada kategori sedang, 3) faktor teman sebaya indikator interaksi siswa dengan teman sebaya item no. 22,23 & 25 pada kategori tinggi, 4) faktor sekolah indikator pengawasan pihak sekolah terhadap perilaku bullying item no. 32 pada kategori sedang, 5) faktor kontrol diri indikator pengelolaan emosi siswa dalam menghadapi situasi dankeadaan item no. 36 pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa faktor penyebab siswa menjadi korban bullying di SMP Adabiah Padang mayoritasdikarenakan faktor individu, faktor teman sebaya dan faktor kontrol diri dengan kategori yang sama yaitu berada pada kategori tinggi. Berdasarkan temuan penelitian, guru BK/konselor dapat memberikan bantuan layanan dan bekerjasama dengan seluruh pihak sekolah, serta orang tua siswa untuk membantu siswa agar mengetahui bahaya bullying, sehingga nantinya siswa dapat menghindari faktor-faktor yang menyebabkan siswa menjadi korban bullying. Mencapai hal tersebut, maka guru BK/konselor dapat memberikan berbagai macam layanan Bimbingan dan Konseling seperti layanan informasi, layanan individual dan layanan bimbingan dan konseling kelompok yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:23
Last Modified: 08 Dec 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41215

Actions (login required)

View Item View Item