Persepsi Siswa tentang Fungsi Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Fatmilia, Bella (2022) Persepsi Siswa tentang Fungsi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_BELLA_FATMILIA_18006241_4574_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan siswa untuk membantu dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar serta perencanaan dan pengembangan karir. Melalui Bimbingan dan Konseling diharapkan potensi dari setiap siswa dapat digali dan dikembangkan secara tepat. Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dan kurang memahami fungsi bimbingan dan konseling. Bimbingan dan Konseling memiliki 4 (empat) fungsi, yaitu fungsi pemahaman, pencegahan, pengentasan, serta pemeliharaan dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 509 orang siswa SMPN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian sebanyak 255 orang siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket persepsi siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling secara keseluruhan berada pada kategori baik. Hasil penelitian persepsi siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling dapat dilihat dengan rinci sebagai berikut: (1) persepsi siswa tentang fungsi pemahaman bimbingan dan konseling berada pada kategori cukup baik, (2) persepsi siswa tentang fungsi pencegahan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik, (3) persepsi siswa tentang fungsi pengentasan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik, dan (4) persepsi siswa tentang fungsi pemeliharaan dan pengembangan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorYarmis, YarmisUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:23
Last Modified: 08 Dec 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41214

Actions (login required)

View Item View Item