Fatmilia, Bella
(2022)
Persepsi Siswa tentang Fungsi Bimbingan dan
Konseling di Sekolah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan siswa untuk membantu
dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar serta
perencanaan dan pengembangan karir. Melalui Bimbingan dan Konseling
diharapkan potensi dari setiap siswa dapat digali dan dikembangkan secara tepat.
Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang memanfaatkan
layanan bimbingan dan konseling dan kurang memahami fungsi bimbingan dan
konseling. Bimbingan dan Konseling memiliki 4 (empat) fungsi, yaitu fungsi
pemahaman, pencegahan, pengentasan, serta pemeliharaan dan pengembangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang fungsi
bimbingan dan konseling di sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 509 orang siswa SMPN 7
Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian
sebanyak 255 orang siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random
Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket persepsi
siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling. Data diolah menggunakan teknik
analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang fungsi
bimbingan dan konseling secara keseluruhan berada pada kategori baik. Hasil
penelitian persepsi siswa tentang fungsi bimbingan dan konseling dapat dilihat
dengan rinci sebagai berikut: (1) persepsi siswa tentang fungsi pemahaman
bimbingan dan konseling berada pada kategori cukup baik, (2) persepsi siswa
tentang fungsi pencegahan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik,
(3) persepsi siswa tentang fungsi pengentasan bimbingan dan konseling berada
pada kategori baik, dan (4) persepsi siswa tentang fungsi pemeliharaan dan
pengembangan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik.
Actions (login required)
|
View Item |