Adelina, Donna
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Tema 8
Subtema 3 dengan Model Discovery Learning di
Kelas IV SD Negeri 035 Pintu Padang Jae Kabupaten
Mandailing Natal.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan
pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV
SD Negeri 035 Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik
terpadu dengan model Discovery Learning pada pembelajaran tema 8 subtema 3
di kelas IV SDN Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan
kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik
di kelas IV SDN Pintu Padang Jae yang berjumlah 22 orang. Penelitian
dilaksanakan dua siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrument
penelitian adalah observasi, tes dan nontes.
Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek,
diantaranya: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 86,10% (B)
meningkatkan pada siklus II menjadi 97,22% (A), b) Aktivitas guru siklus I
memperoleh rata-rata persentase 82.81% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi
93,75% (A), c) Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase
81,25% (B) meningkatkan pada siklus II menjadi 90,62% (A), dan d) Hasil
belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 78,50
dengan predikat C kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,82 dengan
predikat B. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8
subtema 3 di kelas IV SDN Pintu Padang Jae Kabupaten Mandailing Natal.
Actions (login required)
|
View Item |