Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas IVA SD Negeri 07 Bayur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam

Ahmad, Fadhillah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas IVA SD Negeri 07 Bayur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FADHILLAH_AHMAD_18129344_4213_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IVA SD Negeri 07 Bayur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam yang berjumlah 20 orang diantaranya 13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: 1) perencanaan pembelajaran yaitu rata-rata perolehan siklus I adalah 81,94% (baik) dan meningkat pada siklus II 94,44% (Sangat Baik). 2) pada pelaksanaan aspek guru rata-rata perolehan siklus 1 adalah 88,63% (Baik) dan meningkat pada siklus II 97,72% (Sangat Baik), 3) pada pelaksanaan aspek peserta didik ratarata perolehan siklus 1 adalah 85,22% (baik) dan meningkat pada siklus II 95,45% (Sangat Baik).3)Hasil belajar peserta didik rata-rata perolehan siklus I adalah 79,24% (Cukup) dan meningkat pada siklus II 85,31% (Baik).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 07 Bayur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorS, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:22
Last Modified: 08 Dec 2022 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41212

Actions (login required)

View Item View Item